Overblog Suivre ce blog
Editer l'article Administration Créer mon blog

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

21 Avril 2017 Publié dans #General

Sirsak (Annona Muricata) adalah salah satu spesies tanaman buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah sirsak sangat disukai banyak orang dengan rasanya manis dan sedikit asam. Ternyata tak hanya buahnya saja yang dapat di konsumsi, ternyata daun dari sirsak juga sudah banyak di manfaatkan sebagai obat alternatif untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. 

sirsak

Dalam daun sirsak terkandung berbagai senyawa aktif diantaranya flavonoid, tannin, alcaloid, saponin, kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B and C, fitosterol, dan kalsium oksalat.Senyawa utama yang terkandung dalam daun sirsak adalah annona acetogenins, yang merupakan salah satu jenis asam lemak. Kandungan itulah yang membuat daun sisrsak dapat dijadikan sebagai obat alternatif. Berikut beberapa khasiat dari daun sirsak :

1. Meredakan demam

Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang mampu menurunkan suhu tubuh serta mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh. Saat terserang demam, rebuslah beberapa helai daun sirsak dengan segelas air selama 10 menit kemudian minumlah air rebusannya dalam keadaan hangat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Flek Hitam

2. Mengurangi gejala arthritis

Daun sirsak mengandung senyawa anti inflammatori atau peradangan yang dapat mengurangi gejala arthritis.Meminum air rebusan daun sirsak setiap hari dapat mengurangi gejala arthritis dan rasa nyeri pada persendian.

3. Mencegah kerusakan kulit

Daun sirsak kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mengatasi masalah pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pada kulit diantaranya eksim dan jerawat. Senyawa anti inflamasi dan anti bakteri pada daun sirsak mampu menghilangkan peradangan pada kulit akibat jerawat serta mencegah jerawat meninggalkan noda pada wajah. Anda dapat menghilangkan eksim dan jerawat dengan cara menumbuk beberapa helai daun sirsak dan mengoleskannya pada area kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan tersebut secara rutin selama beberapa hari dan lihat hasilnya.

4. Mencegah dan mengobati kanker

Daun sirsak mengandung senyawa Annonaceous acetogenins yang hanya dapat ditemukan pada keluarga tanaman annonaceae. Senyawa tersebut merupakan senyawa fitokimia yang memiliki aktifitas anti kanker. Annonaceous acetogenins bekerja dalam tubuh dengan membunuh sel kanker dan memicu apoptosis atau yang dikenal dengan mekanisme bunuh diri sel.Tidak hanya membunuh sel kanker, ekstrak daun sirsak juga mampu membunuh tumor secara efektif dengan cara menghambat pasokan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh sel tumor.

5. Mencegah dan mengobati diabetes

Insulin adalah hormon yang bekerja mengatur kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal. Pada penderita diabetes, insulin tidak dapat bekerja secara optimal karena kehilangan kepekaannya terhadap kadar gula dalam darah. Daun sirsak mengandung senyawa metanolik, streptozotocin yang dapat memicu sel-sel beta langerhans dalam pankreas untuk menghasilkan insulin dan meningkatkan sensitifias insulin terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa antihypertensive yang dapat menurunkan tekanan darah tanpa mempengaruhi kerja organ jantung. Meminum rebusan daun sirsak setiap hari mampu membantu penderita hipertensi dalam mengontrol tekanan darahnya.

Itulah beberapa khasiat dari daun sirsak, demi keamanan sebelum menggunakan daun sirsak sebagai obat dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter atau petugas kesehatan terkait. Semoga bermanfaat.

Partager cet article

Repost 0

Commenter cet article